Fahd Djibrna's Journal

Fahd Djibran

print this page
send email
Fahd Pahdepie atau dikenal dengan nama pena Fahd Djibran, lahir di Cianjur, 22 Agustus 1986 (usia 27 tahun), merupakan penulis, pegiat kreativitas, pembicara publik, konsultan media, dan peneliti bidang ekonomi politik Internasional di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Fahd dikenal melalui pemikiran dan karya kreatifnya di bidang sastra dan media baru. Sebagai penulis, ia telah menerbitkan lebih dari 15 judul buku di berbagai penerbit nasional, di antaranya dua novel kolaborasi fiksi-musikal bersama Bondan Prakoso & Fade2Black, Hidup Berawal dari Mimpi (2011) dan Tak Sempurna (2013). Buku-bukunya yang lain menghiasi rak best-seller di jaringan toko-toko buku nasional.

Melalui karya-karya dan pemikirannya, Fahd berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi di level nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya, terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan UNICEF Young Writer Award (2004), Unlimited Creativity Award dari DAR!Mizan sebagai Penulis Pendatang Baru Terbaik (2005) dan Penulis Terbaik (2006). Dalam bidang pemikiran Fahd berhasil memenangkan MTQ Nasional Bidang Karya Tulis Tafsir Al-Quran (2009) dan menjadi nominator Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa Bidang Kreatif dari Kementrian Pendidikan Nasional RI (2009). Karya ilmiahnya juga menjadi Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Hakteknas ke-8 Kementrian Riset dan Teknologi RI. Pada tahun 2011, Fahd dianugerahi Ahmad Wahib Award oleh Yayasan Wakaf Paramadina dan Hivos Foundation (Belanda) atas kontribusinya bagi toleransi dan perdamaian di Indonesia. Setahun kemudian, ia didaulat menjadi juri pada ajang bergengsi tersebut.

Saat ini, selain menulis dan meneliti, Fahd terus bereksperimen dengan media baru (new media) di bawah nama Revolvere Project, yakni sebuah project kolaborasi sastra-musik-visual. Saat ini ia juga merupakan konsultan media untuk Lingkaran Survey Indonesia (LSI) dengan project Inspirasi.co. Dalam bidang usaha, Fahd mendampingi istrinya, Rizqa Abidin, dalam mengelola sebuah perusahaan yang bergerak di bidang arsitektur, desain interior, dan kontraktor di bawah bendera PT. What If Kreatama.

Tahun 2011 Fahd terpilih menjadi perwakilan Indonesia dalam Young Moslem Leader Exchange Program yang diselenggarakan oleh Australia-Indonesia Institute dan Kementrian Luar Negeri (DFAT) Australia. Tahun 2013, ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu anggota tim penulis pidato presiden dan ditugaskan ke Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat. Pada tahun yang sama ia juga mendapatkan beasiswa studi jenjang master dari Australia Awards untuk melanjutkan studi bidang Ilmu Hubungan Internasional di Monas University, Australia.

Biodata Singkat

Nama: Fahd Pahdepie
Nama Alias: Fahd Djibran
Tempat tanggal lahir: Cianjur, 22 Agustus 1986
Alamat: Permata Green Residence No. 18 Pamulang, Tangerang Selatan
Alamat Kantor: P2SMTP Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – Indonesia
Twitter: @fahdisme
Facebook: Fahd Djibran
Istri: Rizqa Fitriani, S.Ds
Anak: Falsafa Kalky Pahdepie

Pendidikan: 
S1 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(2005-2008)
S2 Ilmu Hubungan Internasional – Universitas Gajah Mada (2008-2009, tidak selesai)
S2 International Relations – Monas University Australia (2013-...)

Pekerjaan Formal:
Asisten Dosen di Departemen Ilmu Hubungan Internasional UMY (2008-2009)
Peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2009-Sekarang)

Profesi lain: Penulis, Konsultan, Pembicara

9 comments:

  1. hai
    kenalkan nama saya ian, saya seorang suami juga seorang ayah.. senang berkenalan dengan anda..dan bertemu dengan blog anda.. semoga saya bs sharing disini, makasih ya :)

    ReplyDelete
  2. keren, muda berkeluarga menulis :)

    ReplyDelete
  3. cerdas, inspiratif, kereeeeenn

    ReplyDelete
  4. Muda, Beda, dan Berbahaya! ^^V

    ReplyDelete
  5. nur khayati
    hai.... senang berkenalan dengan anda...mau donk diajak sukses menulis...aku ingin pandai menulis bidang kesehatan...karna itu bidangku...bagi-bagi ilmunya ya

    ReplyDelete
  6. subhanallah tulisannya bagus banget ya,,,salam kenal,,,ngomong2 apa pendapat anda tntang JIL yg sedang hangat di bicarakan di Indonesia akhir2 ini.????terima kasih ,,maaf mungkin bahasa saya agak tidak enak....

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Senang rasanya bertemu dengan saudara saya di kesempatan yang indah ini. Saya ingat, sekitar 5-6 tahun lalu seseorang mengingatkan saya tentang pentingnya kita membuat sejarah. "Kamu tahu siapa Soekarno? Siapa Kahlil Gibran? Apakah kamu lebih mengenal mereka dibandingkan kakek buyutmu?"

    Seketika itu saya tersadar bahwa tanpa kita membuat sejarah, kita tak akan dikenal oleh siapapun terlebih lagi oleh anak cucu kita. Mari berkarya!!! Sebuah persuasif ringan yang mungkin akan membuat lebih dikenal oleh anak cucu kita di kemudian hari.

    Terima kasih, Fahd. Semoga selentingan kecil ini dapat me-refresh kita sebentar untuk dapat berfikir kreatif dan terus berkarya.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    Artha - Oracle

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum, bangga dengan karya n prestasi beliau!! bangganya bertambah ketika tau kami satu daerah dan memiliki bulan lahir yang sama. namun sedihnya juga bertambah ketika tau beliau satu tahun di bawah saya, tapi karya2nya jauh dan sangat jauh melampaui saya (benar bahwa Alloh akan meninggikan ilmu beberapa derajat! tentu tanpa dibatasi oleh usia dan juga kasta) salam kenal dari kami sekeluarga di cairo-mesir

    ReplyDelete
  9. very inspirative....i like what you wrote....

    ReplyDelete