Fahd Djibrna's Journal

RESPECT, UNITY, FOR ALL

print this page
send email
Dear All,

Inilah project terbaru saya tahun ini (2011). Kali ini saya melakukannya bersama-sama Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Sebenarnya project ini sudah mulai dikerjakan sejak kuarter akhir 2010 lalu, tapi baru tahun ini akan kami jalankan.



I n t r o


Project ini membawa spirit dari tiga kata: respect, unity, for all. Tiga kata ini mungkin sederhana, tapi jika dimaknai jauh lebih dalam, dan jauh lebih dalam, dan jauh lebih dalam, kita akan tahu mengapa ketiga kata itu penting untuk terus-menerus disebarkan dan diaplikasikan dalam keseharian masing-masing kita. :)

Respect bagi kami adalah kata sederhana yang sesungguhnya memiliki makna yang kompleks dan luas. Ia bukan hanya berarti saling mengakui, saling menghargai, atau saling mengormati. Sebab dalam kata ‘saling’ ada peran aktif dari pihak-pihak yang melakukannya, dalam ‘pengakuan’ ada kerendahan hati untuk melihat yang baik dan indah dari ‘yang lain’—sementara itu, dalam kata ‘menghormati’ dan ‘menghargai’ ada cinta, ketulusan, rasa kasih sayang, dan nilai kebaikan yang takterpermaknai. Respect barangkali hanya kata sederhana. Tapi kami percaya, jika setiap orang memaknainya, meresapinya, melakukannya dalam kehidupan masing-masing, betapa cinta kasih dan nilai-nilai kebaikan akan melingkupi kita semua. Terdengar naïf memang, ‘yang baik’ memang selalu terdengar begitu—tetapi kita juga tahu betul bahwa ‘yang baik’ juga selalu indah, terasa sampai ke dalam hati. Tak tertolak!

Unity. Kami menyadari bahwa untuk mengajak orang untuk bersikap ‘respect’ memang bukan sesuatu yang mudah. Tetapi, kalau kita semua tergerak melakukan dan menularkan kebaikan-kebaikannya kecil dan sederhana di keseharian kita, bersatu untuk terus-menerus mengupayakan yang baik, kami percaya suatu saat kita bisa menyelesaikan dan membenahi kebobrokan-kebobrokan yang terjadi di sekeliling kita. Persatuan dalam cinta, kasih sayang, dan kebaikan inilah yang kami sebut sabagai: UNITY! Sendirian barangkali sulit mengubah dan mengalahkan kebusukan yang terlanjur jadi raksasa. Tetapi bersama-sama dan bersatu, kami yakin kita semua bisa mengalahkannya! :)

Terakhir, kitalah yang harus menjalankan semua ini. Ini tanggung jawab kita semua. Kau dan aku. Project sederhana ini kami rancang sedimikian rupa agar bisa melibatkan sebanyak mungkin orang dari berbagai kalangan. Ini bukan project Fahd Djibran, Bondan Prakoso, atau Fade 2 Black saja, tapi juga project kalian! Ini impian besar yang membutuhkan bantuan kalian semua, aku dan kamu, kita, untuk mewujudkannya! For All!

Kami membayangkan dunia yang dipenuhi rasa cinta, persahabatan, dan kasih sayang. Kami membayangkan dunia yang penuh senyuman dan sikap saling menghargai. Kami membayangkan sesuatu yang terlalu besar untuk kami wujudkan sendiri. Kami tahu itu. Tetapi kami juga tahu, jika kalian bersedia membantu kami, saling bergandeng tangan dan mengeratkan ganggaman, setidaknya kita punya kekuatan yang lebih besar untuk berusaha mewujudkannya... Kami yakin itu. :)

Apa Bentuknya?

1. Photo Campaign

Bayangkan kalau kita semua mengatakan hal yang sama pada dunia: RESPECT, UNITY FOR ALL! Bayangkan kalau banyak orang mengetahui tiga kata itu dan mulai tertarik untuk mengetahui maknanya, lalu mereka terkesan dan mulai berusaha melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari? Asyik, kan? Yuk, mari sebarkan tiga kata itu pada sebanyak mungkin orang. Berbicara sendirian barangkali tak akan terdengar, tetapi jika 100 atau 1.000 orang mengatakannya, kami yakin tiga kata itu akan mulai mencuri perhatian dan didengar! :)

Kami sadar, yang diucapkan dan didengar selalu gampang dilupakan. Tetapi yang ditulis dan dilihat akan tercetak baik dalam ingatan. Maka, di project ini kita tak perlu berteriak-teriak untuk menyebarkan tiga kata itu, kita bisa mengatakannya lewat gambar! :)

Mari sebarkan virus RESPECT, UNITY, FOR ALL dengan memasang profile picture kalian di FB, twitter, atau lainnya dengan berfoto sambil memegang selembar kertas HVS bertuliskan SALAH SATU KATA dari ketiga kata tersebut. Jika bisa, tulisan di kertas HVS diketik dengan font 'Garamond' ukuran 150. Foto kalian bisa juga disebarkan lewat blog, tumblr, flickr, atau lainnya.

Lihat contoh:



2. Book

Saya bersama-sama dengan Bondan Prakoso & Fade 2 Black juga berkolaborasi menulis sebuah buku. Ini akan jadi bentuk baru yang menggabungkan sastra dan musik dengan gaya yang lebih asyik, sebuah fiksi-musikal! Buku ini direncanakan terbit pada kuarter pertama tahun 2011. Semua proses penulisan sudah dilakukan, tinggal mengemas dan menyempurnakannya. Judulnya masih kami rahasiakan, ini akan jadi kejutan buat kalian semua. Mohon doanya, ya… :)

3. Presentation

Setelah dua hal di atas dilakukan, kampanye foto dan buku, kami berencana melakukan presentasi ke sekolah-sekolah dan kampus-kampus di seluruh Indonesia untuk menyebarkan spirit RESPECT-UNITY-FOR ALL ini. Kami akan berdiskusi dan mengkampanyekan sikap saling menghormati dan menghargai (toleransi), keterbukaan berpikir (open minded), dialog antar kelompok/golongan, persatuan, dan seterusnya di kalangan anak muda Indonesia. Rencananya project ini akan melibatkan para Rezpectors (fan base Bondan Prakoso & Fade 2 Black) yang tersebar di seluruh Indonesia—dengan keanggotaan lebih dari 3 juta orang. Ayo dukung juga, ya! :)

4. Music

Bondan Prakoso & Fade 2 Black juga akan terus mengeksplorasi spirit ini dalam karya-karya baru mereka yang akan datang. Tunggulah album mereka berikutnya! :)



Join Us!

Terakhir, jika kalian merasa tergerak untuk membantu kami menyebarkan spirit ini, bergabunglah! Kalian di Jakarta, Bogor, Surabaya, Medan, Makasar, Tokyo, London, atau di manapun, peganglah tangan kami dan mari bergerak bersama! Kalian bisa mengikuti photo campaign kami, membaca bukunya, mendengarkan musiknya, atau mengikuti presentasi-presentasi yang akan kami selenggarakan. Mudah, kan? :)

Jika keberatan, tak apa-apa, kami merasa sangat berterima kasih sebab kalian sudah meluangkan waktu untuk membaca briefing sederhana ini. Kalau masih boleh merayu, tersenyumlah: lalu lihat dan rasakanlah dunia tampak begitu berbeda dengan damai dan cinta. :)


Respect, Unity, For All
Fahd DjibranBondan Prakoso & Fade 2 Black

0 comments:

Post a Comment